Tuesday, December 23, 2008

Strategi Samudra Biru (Blue Ocean Strategy)

Pengertian strategi samudra biru menurut W. Chan Kim dan Renee Mauborgne:
“Bagaimana membuat ruang pasar yang belum terjelajahi, yang bisa menciptakan permintaan dan memberikan peluang pertumbuhan yang sangat menguntungkan. Intinya, bagaimana bersaing dengan tangkas dalam kompetisi; bagaimana secara cerdik membaca persaingan, menyusun strategi dan kerangka kerja yang sistematis guna menciptakan samudra biru”

Definisi yang dikemukakan diatas menjelaskan bahawa strategi samudra biru bukan strategi untuk memenangkan persaingan akan tetapi strategi untuk keluar dari dunia persaingan dengan mencipta ruang pasaran yang baru dan membuat pesaing dan kompetisi menjadi tidak relevan.

Selain samudra biru ada istilah samudra merah yang menjadi kebalikan dari samudra biru. Kebanyakan samudra biru diciptakan dari dalam samudra merah dengan cara memperluas batasan-batasan industri yang sudah ada.

Setiap strategi pasti berisiko, Strategi selalu melibatkan peluang dan risiko, baik inisiatif samudra biru mahupun samudra merah. Oleh karena itu samudra biru memerlukan kerangka kerja analitis untuk mencipta samudra biru dan prinsip-prinsip untuk mengelola risiko secara efektif.. Kerangka kerja analitis tersebut adalah:

1. Kanvas Strategi
Kanvas strategi adalah kerangka aksi sekaligus diagnosis untuk membangun strategi samudra biru yang baik. Kanvas strategi berfungsi untuk merangkum situasi terkini dalam ruang pasar yang sudah dikenal. Kanvas strategi ini akan memberikan sebuah peta untuk memahami faktor-faktor apa yang menjadi ajang persaingan.

2. Kerangka Kerja Empat Langkah
Kerangka kerja empat langkah merupakan alat untuk memperoleh big value berbasis lower cost dan merekontruksi elemen-elemen pembeli dalam membuat kurva nilai baru. Untuk itu, adaempat pertanyaan kunci untuk memnbuat suatu kurva nilai baru
a. Faktor apa saja yang harus dihapuskan dari factor-faktor yang telah diterima begitu saja olej industri?
b. Faktor apa saja yang harus dikurangi hingga dibawah standard industri?
c. Faktor apa saja yang harus ditingkatkan hingga diatas industri?
d. Faktor apa saja belum pernah ditawarkan industri sehingga harus diciptakan?
Pertanyaan-pertanyaan diatas akan memberikan sebauh wawasan baru untuk menciptakan sebuah kurva nilai baru.

3. Skema Hapuskan-Kurangi-Tingkatkan-Ciptakan
Skema ini adalah alat analisis pelengkap bagi kerangka kerja empat langkah. Skema ini mendorong perusahaan untuk tidak hanya menanyakan empat pertanyaan dalam kerangka kerja empat langkath, tetapi mengimplementasikan keempat pernyataan tersebut untuk menciptakan suatu kurva nilai baru. Skema ini meberikan empat manfaat, yaitu :
a. Mendorong perusahaan untuk mengejar perbezaan (differensiasi) dan biaya (kos) murah secara bersamaan
b. Dengan segera menghentam perusahaan yang hanya berfokus pada upaya meningkatkan dan menciptakan
c. Skema ini dengan mudah akan difahami oleh pengurus di setiap peringkat
d. Skema ini mendorong perusahaan untuk menganalisis setiap factor industri yang menjadi ajang kompetisi

4. Tiga Ciri Strategi yang Baik
Sebagaimana ditunjukan oleh kanvas strategi, kurva nilai memiliki tiga kualitas yang saling melengkapi :
a. Fokus
Setiap strategi yang hebat memiliki fokus, dan suatu profil strategis atau kurva nilai perusahaan harus jelas dengan jelas menunjukkan fokus tersebut.
b. Divergensi/Gerak Menjauh
Dengan menciptakan empat langkah kurangi, hilangkan, tambahkan, dan ciptakan, satrategi ini membedakan profile mereka dari profile umum industri
c. Moto yang Memikat
Sebuah strategi yang baik memiliki moto yang jelas dan memikat.

5. Membaca Kurva Nilai
Kanvas strategi memungkinkan perusahaan untuk melihat masa depan dan masa kini. Untuk bisa melakukan ini, perusahaan hars memahami cara membaca kurva nilai. Yang ada dalam suatu kurva nilai adalah banyaknya pengetahuan strategis mengenai status terkini dan masa depan sebuah bisnis.

4 komen:

mekasih bapak faris! Bagus sekali penulisan itu, bisa diguna buat panduan...

Cop,
Aku dah beli buku BOS dalam terjemahan bahasa indonesia. Terjemahan bahasa melayu tak ada. Kalau kau nak beli, ada di kedai buku MPH Putrajaya. Harganya RM62.90. Kalau versi bahasa inggeris harganya RM119.80
Bagus Cop untuk bacaan kerana ia melibatkan strategi yang diluar cara yang kita lakukan sekarang. Kita bina kita punya market niche sendiri dan tak bersaing dengan orang lain atau sekolah lain.
Terima kasih.

Dlm versi bahasa melayu mmg susah nk dapat ke?